Sunday, September 25, 2016

Tips Membuat Kelapa Muda Bakar

Kelapa Muda atau biasa disebut Degan, merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Bahkan dipercaya mampu untuk mengganti ion tubuh yang hilang. Selain di minum langsung atau ditambahkan es dan beberapa bahan lainnya, saat ini degan juga populer disajikan dengan cara dibakar. Jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah, berikut ini beberapa tips membuat kelapa muda bakar atau degan bakar yang bisa anda ikuti.

  • Untuk membuat kelapa muda bakar bisa menggunakan degan biasa atau degan hijau yang biasanya memiliki kesegaran yang lebih mantab.
  • Untuk membedakan kelapa muda biasa atau kelapa muda hijau, caranya potong saja sedikit kulit luarnya atau yang biasa dikenal dengan “sepet”. Jika kulitnya berwarna merah muda, berarti kelapa muda hijau. Bila putih berarti kelapa muda biasa.
  • Pilih kelapa muda yang tidak terlalu muda namun juga tidak terlalu tua, Untuk mengetahui degan tersebut muda atau tua, pukul-pukul saja dengan telapak tangan. Jika bunyinya bung-bung bukan pok-plok berarti degan tersebut masih muda.
  • Jika menggunakan jahe sebagai perasa sebaiknya gunakan jahe emprit agar rasa yang dihasilkannya ebih tajam. Jahe emprit memiliki ukuran lebih kecil namun memiliki rasa yang lebih tajam daripada jahe jenis lainnya.
  • Kelapa muda atau degan bakar menurut masyarakat dipercaya memiliki khasiat mengusir masuk angin, batuk, capek dan juga bisa mengurangi asam urat.

No comments:

Post a Comment